Sharing for Caring

Welcome to My Blog! Sharing for Caring and Thanks for Coming :^) Enjoy~
- khansaniamukti.blogspot.com -

Selasa, 25 Juni 2013

Tips Memilih Gitar Akustik

khansaniamukti.blogspot.com



 Gitar mahal bukan hanya dari kelebihan bentuk dan warna, melainkan kualitas yng no.1. Disini kita akan membahas tentang Tips memilih Gitar yang Bagus bagi anda yang ingin membeli Gitar Baru, baiknya simak baik-baik Tips2 ini.
Pertama mari kita mengenal pembagian gitar dahulu.
khansaniamukti.blogspot.com



1. Kepala Gitar

 Nah dimulai dari kepala gitar atau disebut juga Head Stock. Gitar yang bagus bisa di lihat dari mur pengencang dan pengendur senar gitar (Tuning key).

Pada umumnya tuning key yang bagus terbuat dari tembaga atau besi mulai dari pencakram tuning key. Dan pegangan yang kuat dan bagus layaknya terbuat dari besi atau tembaga yang kuat dan kokoh .



Berikut contoh Tuning Key yang bagus dan sangat layak digunakan:







khansaniamukti.blogspot.com










Dan yang dibawah ini, adalah contoh Tuning Key yang kualitasnya patut diragukan:





khansaniamukti.blogspot.com






2. Leher Gitar


Mari kita turun ke bagian tengah gitar yaitu Leher gitar atau disebut juga Neck. Menurut beberapa Sumber yang saya dapatkan, Untuk menge-Cek bagus tidaknya leher Gitar ada cara tersendiri yaitu dengan memukul dengan Jari. Apabila bahan kayunya bagus dan kuat maka bunyinya tidak keras, Kalau yang kurang mantap maka bunyi dari Kayu tersebut keras.




khansaniamukti.blogspot.com





3. Nut
Mari beralih ke Nut. Nut yang bagus yaitu berurutan dari yang paling atas Besar dan semakin menurun hingga jarak tersebut semakin mengecil hingga ke body gitar tersebut. Bahan yang tepat untuk Nut adalah Tembaga agar tidak mudah terkikis walaupun Sering dimainkan terus menerus


khansaniamukti.blogspot.com





4. Fret Board
Untuk Fret Board kita hanya perlu memanfaatkan indra penglihatan kita. Fret Board yang bagus tentunya terbuat dari Tembaga  dan terlihat kokoh menyatu dengan body gitar dan leher gitar.

5.Fret Board Marker (titik penanda nada)

Direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin belajar gitar (pemula) untuk membeli Gitar yang ada Fret Board Marker agar mempermudah bagi penggunanya.



Berikut ini saya beri gambar Fret Board Marker :





khansaniamukti.blogspot.com







6. Senar gitar
Tentu saja Senar gitar yang bagus tidak mudah putus. Jika anda perhatikan baik2 senar gitar bagian Bass atau jg biasa disebut Senar 6, 5, dan 4 terdapat lilitan yang memutari senar tersebut. Ya, senar 4,5,6 yang bagus lilitan tersebut tebal dan tidak ada yang patah atau kusut.
   Banyak macam-macam jenis dan ukuran senar gitar yang tersedia di pasaran. Jenisnya ada yang untuk Gitar Elektrik, Gitar Bass, dll. Jenis2 tersebut biasanya dibedakan dr ketebalan senar untuk gitar itu masing. Senar gitar pada umumnya ada 6 kcuali Gitar Bass yng mempunyai senar 4.
Untuk bahan yng digunakan senar sangat berpengaruh terhadap suara Gitar tersebut. Bahan Senar Gitar yang sering digunakan adalah dari Bronze, Phosphor, Stainless Steel dan nikel.



7. Sound Hole

Mungkin Kebanyakan orang di dunia ini masih banyak yang mengira bahwa Sound Hole Gitar selalu berbentuk Bulat, padahal sekarang sudah banyak variasi bentuk2 Sound Hole yng Unik-unik. Yang penting Sound Hole tidak menghasilkan Suara gitar yang melengkung atau pelan.
khansaniamukti.blogspot.com



8. Bentuk Body Gitar (Waist)

Selanjutnya adalah Bentuk Body Gitar atau mari kita sebut Waist. Untuk Waist tergantung selera andaokey, untuk gitar yang bagus waist nya sesuai selera  dan kantong anda.
Berikut contoh Waist yang sederhana tapi elegan:
khansaniamukti.blogspot.com











9. Body gitar
Body Gitar yang kokoh dan bagus ciri-ciri sederhananya adalah Body nya yang terbuat dari triplek yang tebal dan rapi dalam merekatkan lemnya. 

10. pin bridge
Untuk Pin Bridge yang terpenting adalah lubang yang pas untuk memasukan senar gitar ke dalam pin bridge nya.

11. Saddel


khansaniamukti.blogspot.com

   

   Ciri-ciri sadel gitar yang dijamin bakal membuat pemakianya enak dan nyaman tapi kualitas bagus adalah sedelnya rendah. 

Lalu kenapa harus yang rendah ? ini jawabanya:

   Saddel yang rendah akan nyaman digunakan pengguna untuk bermain gitar karena tangan pengguna akan mudah dalam menekan senar-senar dan tidak terlalu sakit. Sebab, peddal gitar yang rendah membuat tinggi antara senar gitar dari nut gitar semakin dekat. sedangkan, pedal yang tinggi akan membuat jarak antara senar dengan nut semakin jauh sehinga membuat tangan kita cepat sakit karena perlu menekan lebih keras untuk menghasilkan nada yang merdu.

Sekian.
khansaniamukti.blogspot.com

Tidak ada komentar: